Tenang Kortisol Anda

Tenang Kortisol Anda

Menurut studi penelitian yang dilakukan di University VU di Belanda, ada hubungan langsung antara tingkat kortisol tinggi dan penyakit jantung. Studi menunjukkan bahwa kortisol yang tinggi dapat menyebabkan sebanyak peningkatan lima kali lipat dalam risiko serangan jantung dan stroke.

Kortisol adalah hormon stres utama, dilepaskan dari kelenjar adrenal. Kortisol memberikan kita dengan ledakan energi di siang hari, dan selama masa stres. Hal ini juga bertindak sebagai kuat anti-inflamasi. Dibiarkan, bagaimanapun, kortisol dapat mendatangkan malapetaka pada tubuh dan pikiran.

Memicu kortisol sangat mudah dilakukan. Menonton berita, terjebak dalam lalu lintas, berdebat dengan pasangan, atau mengkhawatirkan tentang keuangan, adalah cara-cara di mana Anda mungkin memicu pelepasan kortisol. Kebiasaan diet yang tidak sehat juga bisa memicu kortisol.

Aktivasi jangka panjang sistem stres-respon tubuh Anda menyebabkan overexposure ke kortisol dan hormon stres lainnya. Hal ini dapat mengganggu proses tubuh yang normal. Terus-menerus kortisol tinggi menempatkan Anda pada peningkatan risiko untuk masalah kesehatan banyak, termasuk:

Kegelisahan
Depresi
Pencernaan Terganggu
Penyakit jantung
Insomnia
Berat Badan
Memori terganggu dan Focus
Untuk menenangkan kortisol Anda, itu penting untuk mematikannya - teratur.
Untungnya, ada sejumlah cara yang dapat Anda menenangkan kortisol Anda, termasuk baik perubahan pola makan dan gaya hidup:

Menghilangkan makanan dan zat yang memicu kortisol. Ini termasuk - karbohidrat olahan, gula, alkohol, kafein, dan aspartam.

Meningkatkan makanan anti-inflamasi. Peradangan memicu pelepasan kortisol. Makanan anti-inflamasi meliputi: sayuran, buah-buahan rendah gula, makanan omega-3-kaya, makanan probiotik, dan rempah-rempah seperti jahe, dan kunyit.

Meningkatkan konsumsi vitamin C. Vitamin C telah terbukti mengurangi kortisol. Makanan kaya vitamin C-termasuk jeruk, berry dan paprika. Suplemen dapat bermanfaat juga.

Makan diet tinggi serat. Serat membantu keseimbangan gula darah. Lonjakan gula darah berkontribusi kadar kortisol yang lebih tinggi. Selain itu, diet tinggi serat kontribusi untuk keseimbangan hormon yang sehat. Pilih biji-bijian lebih diproses, biji-bijian olahan.

Praktek kegiatan menghilangkan stres, sehari - Ada banyak kegiatan menghilangkan stres yang efektif. Ini termasuk: Yoga, Deep Breathing, Jalan, Meditasi, Qi Gong, Tai Chi, pijat, Reiki, EFT Tapping, Kolam, Mandi, Musik, Seni, dan banyak lagi. Buat praktek sehari-hari Anda sendiri.

Menghilangkan Stresor yang tidak perlu - Matikan perangkat elektronik, secara teratur. Memonitor konsumsi media Anda. Menahan diri dari kekhawatiran yang tidak perlu dan argumen. Meminta bantuan ketika Anda membutuhkannya. Menemukan cara untuk membuat damai, santai lingkungan untuk diri sendiri.

Ada banyak yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan stres. Dengan menenangkan kortisol Anda, Anda akan mendukung sehat tubuh, pikiran, dan hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar